Kumpulan Pantun Jenaka Paling Lucu 2017

Advertisement
Pantun jenaka paling lucu. Pantun sebenarnya merupakan salah satu kekhasan budaya penduduk Melayu sekaligus yang merupakan warisan leluhur sebab pantun telah difungsikan sejak bertahun-tahun dulu, khususnya dalam program antar suku yg melibatkan penduduk luas. Seoiring berkembangnya era, pantun mengalami pergeseran makna, apabila dahulu pantuncenderung disakralkan sebab cuma dipakai dalam momen-momen tertentu sehingga pemakaian pantun waktu ini lebih menyeluruh & fleksibel. Pantun serta jadi agenda basic kurikulum sekola-sekolah di Negeri berumpun melayu seperti Indonesia & Malaysia. Anak-anak dikenalkan pada jenis-jenis & gimana kiat menciptakan pantun. Salah satu tipe yg tidak sedikit digemari merupakan Pantun Jenaka. Pasti saja lantaran pantun jenaka lebih menghibur & memakai bahasa yg tiak formal, dalam artian lebih dekat bersama kelas warga manapun.

Baca juga: Kata mutiara minta maaf untuk pacar

Dalam pengerjaan pantun kita dituntut mesti mentaati kaedah-kaedah perpantunan, seperti bunyi rima yg beraturan, abab. Namun nampaknya hal tersebut tak terlampaui dipermasalahkan lantaran akhir-akhir ini muncul kaedah kategori baru yg lebih kontemporer, di mana pantun dibuat sesuka hati. Elemen ini berlaku terutama dalam pengerjaan pantun jenaka. Penasaran seberapa lucunyakah pantun jenaka yg ada di seputar kita, silakan simak ulasan di bawah ini :



Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi.

ndah cinta karena sayang
indah senyuman karena kenal
indah dia karena masih bujangan
indah itu,,,,, awas gombal

Nonton bioskop horor Indonesia
Bersama pacar cantik jelita
Hidup jangan disia-sia
Dekati wanita sebanyak-banyaknya (wah, parah ni)

Naik kebukit membeli lada
Lada sebiji dibelah tujuh
Apanya sakit berbini janda
Anak tiri boleh disuruh
   
    Orang Sasak pergi ke Bali
    Membawa pelita semuanya
    Berbisik pekak dengan tuli
    Tertawa si buta melihatnya

Jalan-jalan ke rawa-rawa
Jika capai duduk di pohon palm
Geli hati menahan tawa
Melihat katak memakai helm

    Mari dik mari makan kuaci
    Boleh dimakan asin kulitnya
    Katanya kamu pandai bernyanyi
    Perutku sakit mendengarnya

Beli bandeng
di malaysia
Gue ganteng
kayak pasia (wkwkw, pasha ungu)

    Bunga mawar jangan di bungkus
    kalau dibungkus hilang sarinya,
    punya pacar jangan diputus
    kalau diputus sakit hatinya 


Kalau punya gigi ompong
cepat cepat ke dokter gigi
kalau jadi anak sombong
pasti nanti jadi rugi.

    Disini bingung, Disana linglung
    mangnya enak, engga nyambung….

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Berakit-rakit melulu
Kapan aku dapat gantian?

    Beli kain warnanya merah
    Dari kediri pakenya batik
    Digodain jangan marah
    Salah sendiri punya wajah cantik

ndah cinta karena sayang
indah senyuman karena kenal
indah dia karena masih bujangan
indah itu,,,,, awas gombal

    Nonton bioskop horor Indonesia
    Bersama pacar cantik jelita
    Hidup jangan disia-sia
    Dekati wanita sebanyak-banyaknya (wah, parah ni)

Malam hari main kulintang
ditemani sobat sobat tersayang
gimana hati kagak bimbang
Kepala botak minta dikepang

    Daun sirih daun kelor
    Ayam berkokok mau bertelor
    apa isi di balik kolor
    satu pistol dua pelor

Elok berjalan kota tua
Kiri kanan berbatang sepat
Elok berbini orang tua
Perut kenyang ajaran dapat

Dimana kuang hendak bertelur
Diatas lata dirongga batu
Dimana tuan hendak tidur
Diatas dada dirongga susu

Orang Sasak pergi ke Bali
Membawa pelita semuanya
Berbisik pekak dengan tuli
Tertawa si buta melihatnya

Jalan-jalan ke rawa-rawa
Jika capai duduk di pohon palm
Geli hati menahan tawa
Melihat katak memakai helm

Naik kebukit membeli lada
Lada sebiji dibelah tujuh
Apanya sakit berbini janda
Anak tiri boleh disuruh

Beli bandeng
di malaysia
Gue ganteng
kayak pasia (wkwkw, pasha ungu)

Mari dik mari makan kuaci
Boleh dimakan asin kulitnya
Katanya kamu pandai bernyanyi
Perutku sakit mendengarnya

Hujan turun rintik-rintik
Duduk berdua di teras rumah
Ingin punya cewek cantik
Syaratnya rumah dan mobil mewah

Ke Palembang beli empek-empek
Jangan lupa kasih cuka.
Hidungmu itu memang pesek
Makanya gak ada yang suka (wah menghina banget ya,wkwkw)

Bunga mawar jangan di bungkus
kalau dibungkus hilang sarinya,
punya pacar jangan diputus
kalau diputus sakit hatinya

Ikan gabus di rawa-rawa
Ikan belut nyangkut di jaring
Perutku sakit menahan tawa
Gigi palsu loncat ke piring

kalau mau menanam padi
lihat dulu cuacanya
kalau tau ku mau mandi
Jangan lupa, ngintip ya! (iih, porno deh)

Disini bingung, Disana linglung
mangnya enak, engga nyambung….

Berakit-rakit ke hulu
Berenang-renang ke tepian
Berakit-rakit melulu
Kapan aku dapat gantian?

Beli kain warnanya merah
Dari kediri pakenya batik
Digodain jangan marah
Salah sendiri punya wajah cantik

seorang anak bernyanyi ria
sambil bernyanyi menari pula
siapa yang tidak bakal tertawa
disangka waras ternyata gila



Hujan turun rintik-rintik
Duduk berdua di teras rumah
Ingin punya cewek cantik
Syaratnya rumah dan mobil mewah

    Ke Palembang beli empek-empek
    Jangan lupa kasih cuka.
    Hidungmu itu memang pesek
    Makanya gak ada yang suka (wah menghina banget ya,wkwkw)

kalau mau menanam padi
lihat dulu cuacanya
kalau tau ku mau mandi
Jangan lupa, ngintip ya! (iih, porno deh)

    seorang anak bernyanyi ria
    sambil bernyanyi menari pula
    siapa yang tidak bakal tertawa
    disangka waras ternyata gila


seorang anak bernyanyi ria
sambil bernyanyi menari pula
siapa yang tidak bakal tertawa
disangka waras ternyata gila

    perut melilit makan jengkol
    orang pelit doyan miscoll

Makan Jengkol Perut Melilit
Doyan Miscall pulsa sedikit

    Buah kedondong Biji selasih
    Dulu bencong sekarang masihhhhhh

Buah semangka buah duren
Nggak nyangka gue keren

    Ada padi, Ada jagung
    Ada singkong, Ada pepaya
    Panen ni yeeee!

makan kue, minum sekoteng
ternyata gue emang ganteng

    Baju baru dipake sayang
    beli dimall pake atm mandiri
    knapa semua pada kabur sayang
    itu karena kamu belum mandi

kalo mau menanam padi
lihat dulu cuacanya
kolo tau Q mau mandi
Jangan lupa, ngintip ya!

    Pergi ke pasar naik onta
    Membeli anting intan permata
    Gak peduli situ udah tua
    Yang penting saling mencinta

Terkecuali meningkatkan kesadaran pada budaya & peninggalan leluhur, pembelajaran berkaitan pantun mampu jadi nilai plus kepada kebolehan kita dalam mendalami dunia sastra, pasti saja lantaran pantun merupakan salah satu tipe karya sastra yg digemari. Mudah-mudahan artikel menyangkut pantun jenaka di atas dapat berguna untuk kalian semua.


Advertisement